Cara Mendaftarkan Website ke Google Adsense

August 11, 2019

Cara mendaftarkan website ke Google Adsense - Kalian pastinya pernah mengunjungi sebuah blog tentang teknologi, web developer, atau tentang apa saja di daring yang kalian temukan menggunakan mesin pencari, bukan?

Waktu itu kalian pasti merasa tertarik dengan banner yang berada di bilah sisi blog tersebut, atau bisa juga di headernya, yang terlihat menarik karena desainnya yang elegan serta terlihat menyatu dengan blog yang kalian kunjungi tersebut, bukan? 

Kalian juga pastinya telah mengetahui banner apakah itu, bukan? 

Jika kalian belum mengetahuinya, kalian bisa mengunjungi lagi blog tersebut  dan mengamati bannernya agar bisa mengetahui dengan jelas siapa pemiliknya. Jika kalian menemukan tulisan “Ads by Google” atau tanda bulat di pojok kanan atas banner iklan tersebut diatas yang mana selanjutnya kalian hover lantas tampil tulisan “Ads by Google” maka itu menandakan bahwa itu adalah milik Google Adsense.

Google Adsense, yang merupakan bagian dari Google, sebuah perusahaan yang memiliki nama yang tidak bisa dianggap enteng di daring, senantiasa membuka kesempatan untuk publisher yang berkeinginan menampilkan banner Google Adsense untuk mendaftarkan website miliknya ke Google Adsense.

Sebenarnya cara mendaftarkan website ke Google Adsense tidaklah sesulit yang kalian bayangkan. Meskipun demikian juga tidak bisa kalian anggap mudah begitu saja karena Google Adsense memiliki TOS (Term of Service) yang unik dan mengharuskan kalian untuk sedikit-banyak memutar otak mengikutinya.

Sebelum kalian mengunjungi website Google Adsense untuk mendaftarkan website atau blog milik kalian sebaiknya kalian memeriksa sekali lagi apakah blog kalian memiliki konten yang cukup, unik, dan berkualitas sehingga Google Adsense tidak memiliki alasan apa pun untuk menolak website kalian…

Konten yang cukup bukanlah hal yang cukup sulit untuk kita kalian miliki. Taruhlah kalian memiliki 100 blog posting dengan 1000 kata per masing-masing blog post, maka itupun sudah cukup bagus. 

Tentu saja kalian sudah paham kalau hanya konten yang unik dan berguna yang disukai oleh Google. Maka dari itu kalian hanya perlu mengusahakan konten yang ada di website atau blog kalian bukanlah konten yang didapatkan dari membajak atau pun copy paste dari website atau blog milik orang lain agar digolongkan sebagai konten yang berkualitas oleh Google karena keunikannya. 

Adanya gambar-gambar pendukung yang bagus dan mendukung penyampaian maksud dari masing-masing blog posting juga merupakan nilai tambah agar bisa dinilai sebagai konten yang berkualitas oleh Google.

Selain dari itu, blog posting yang isinya berguna dan banyak dicari orang juga merupakan faktor pendukung agar konten website kalian dibilang berkualitas oleh Google Adsense. 

Faktor lain yang tidak kalah penting yaitu navigasi yang jelas dari website kalian masing-masing. Navigasi yang jelas akan memudahkan para pengunjung yang datang menelusuri atau membuka-buka laman yang berisi blog posting original dan berkualitas yang telah kalian miliki dan usahakan secara susah-payah sebelumnya.

Sebelum melangkah ke langkah selanjutnya, cobalah kalian periksa sekali lagi apakah website kalian sudah:
  1. Memiliki konten yang cukup banyak;
  2. Konten yang dimiliki unik;
  3. Konten yang dimiliki berguna;
  4. Konten yang dimiliki mengandung gambar-gambar pendukung yang unik dan mudah dipahami;
  5. Navigasi yang jelas sehingga mempermudah pengguna atau pengunjung yang ingin mengeksplorasi website kalian.

Jika sudah, kalian bisa mengunjungi website Google Adsense untuk mendaftarkan website kalian masing-masing.

Langkah selanjutnya dalam cara mendaftarkan website ke Google Adsense adalah mengklik button “Daftar Sekarang”. 

Maka akan munculah laman milik Google Adsense yang meminta kalian untuk memasukkan beberapa informasi sebagai kelengkapan pendaftaran website kalian ke Google Adsense yang diantaranya adalah: 
  1. URL situs web kalian masing-masing (jangan URL situs web orang lain karena akan menyulitkan kalian sendiri saat pemasangan kode Google Adsensenya);
  2. Alamat email (Email Address) kalian masing-masing. Sebaiknya gunakanlah gmail untuk mempermudah proses selanjutnya;
  3. Pilihlah salah satu opsi yang tersedia di bawah label "Dapatkan info AdSense yang bermanfaat di alamat email tersebut" dimana kedua opsi tersebut adalah:
    1. Ya, kirimi saya saran bantuan dan performa yang disesuaikan;
    2. Tidak, jangan kirimi saya saran bantuan dan performa yang disesuaikan.
  4.  Kemudian kalian perlu mengklik button “Simpan dan Lanjutkan” agar bisa berpindah ke langkah selanjutnya;
  5. Maka munculah laman sign in ke dalam akun Google. Sign in-lah menggunakan akun google milik kalian yang kalian punyai. Jika belum punya kalian bisa membuatnya sekarang;
  6. Kemudian pilihlah negara atau teritori kalian di opsi yang terdapat di bawah label "Pilih negara atau wilayah Anda" pada laman yang baru saja muncul;
  7. Kemudian ticklah check box di bawah label "Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan kami". Dengan melakukan ini, kalian sudah membaca dan menyetujui perjanjian yang menyatakan bahwa kalian adalah administrator Akun itu dan kalian berwenang untuk bertindak atas nama pemilik Akun dan terikat dengan Perjanjian itu.
  8. Selanjutnya, bacalah dokumen "Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan kami" sampai habis dan ticklah check box di bawahnya.
  9. Teruskanlah langkah kalian dengan mengklik button “Buat Akun” di bawahnya;
  10. Selanjutnya instalah kode Google Adsense yang ditampilkan di laman yang baru saja terbuka di header website atau blog kalian masing-masing yang sudah kalian daftarkan tadi;
  11. Sesudah itu kemudian kliklah button konfirmasi dibawah kode tadi yang terdapat di laman milik Google Adsense untuk mengkonfirmasikan bahwa kalian telah menginstal kode yang diberikan oleh mereka dengan baik;
  12. Selanjutnya, tunggulah barang 1 hari sampai 1 minggu email pemberitahuan dari Google Adsense, kemudian ikutilah petunjuk yang diberikan disana.
Jika kalian diterima, maka dalam waktu kurang dari dua jam setelah pemasangan kode Google Adsense yang pertama akan tampilah iklan Google Adsense di website kalian. Jika kalian tidak diterima, cobalah kalian perbaiki website kalian sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Google Adsense sampai kalian diterima, atau kalian berhenti mendaftar karena capek atau malas mengikuti petunjuknya he he he…

Email yang diterima dari Google Adsense saat aplikasinya disetujui.


Jika kalian beruntung bisa diterima oleh Google Adsense sebaiknya kalian secara teratur mengupdate blog atau website kalian dengan konten-konten yang unik, bermutu serta berguna karena hal tersebut akan memancing lebih banyak pengunjung yang mendatangi website kalian.

Meskipun belakangan ini CPC (Cost Per Click) atau BPK (Biaya Per Klik) dari Google Adsense tidak terlalu signifikan, namun kegiatan ini tidaklah terlalu merugikan karena kita akan memiliki pemanis untuk website yang kita kelola yaitu banner Google Adsense yang telah banyak diimprovisasi oleh pemiliknya sehingga terlihat lebih indah terpampang di website-website yang ada saat ini.

Demikianlah apa yang bisa aku utarakan dan bagikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari blog posting tentang cara mendaftarkan website ke Google Adsense.