Optimasi SEO Semakin Mudah Dengan Fitur Campaigns dari Moz

July 12, 2019
Optimasi SEO yang sehari-harinya kita lakukan tidak akan terasa memuaskan jika tidak menggunakan tool SEO checker yang popular di kalangan para SEO expert. Banyak ragam tool SEO yang bisa kita temukan di daring. Salah satunya adalah Moz, yang dikenal sebagi pemrakarsa metrik Domain Authority dan Page Authority.

Domain Authority (DA) merupakan salah satu metrik favorit yang digunakan dalam dunia digital marketing. Domain Authority menggunakan algoritma khusus yang mengikutsertakan beberapa faktor penilaian yang membuatnya mirip dengan PageRank dari Google namun berdasarkan penarikan data milik Moz.

Menurut Moz, Domain Authority (DA) adalah suatu skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz itu memprediksi bagaimana baiknya suatu website akan berperingkat pada laman-laman hasil mesin pencari (SERPs = Search Engine Result Pages). Sebuah skor Domain Authority memiliki jangkauan nilai dari 0 sampai 100.

Jika kita membuka akun Moz kita, maka kita akan menemukan suatu fitur yang sangat menarik bagi kita. Fitur tersebut adalah Campaigns. Dengan menggunakan fitur ini, seorang webmaster maupun SEO Expert akan bisa memonitor performa SEO miliknya serta mendapatkan insights untuk meningkatkan trafik organiknya, demikian klaim Moz.

Di dashboard Campaigns bisa kita temukan satu toolbar yang isinya meliputi dropdown selector, total jumlah kampanye, total jumlah keyword, total jumlah laman, serta sebuah kolom pencarian. Di bawahnya kita bisa temukan berapa banyak kampanye yang sedang kita lakukan menggunakan tool buatan Moz ini.

Terdapat juga satu button dengan nama Create a Campaign yang berguna untuk membuat kampanye. Kampanye ini sangat berguna untuk melacak dan menganalisa suatu website yang biasanya adalah milik kita sendiri. Parameter yang digunakan dalam fitur ini pun cukup lengkap dan bisa membuat kita mengetahui aspek-aspek tersembunyi dalam website yang memiliki pengaruh terhadap SEO-nya.

Langkah-langkah pembuatan kampanye SEO Moz sebenarnya mudah dan sama sekali tidak perlu sebuah tutorial pun untuk melakukannya. Namun demikian, dalam konten sederhana ini aku ingin sekali berbagi sebuah tutorial pembuatan kampanye SEO Moz bagi kalian yang belum bisa karena belum pernah membuatnya atau karena hal-hal lainnya yang aku belum tahu.

Cara Membuat Kampanye SEO Moz

1. Login ke dalam akun Moz

Gunakanlah username dan password akun Moz yang telah kalian miliki. Janganlah kalian menggunakan username dan password milik orang lain, apalagi tanpa ijin karena itu merupakan perbuatan yang tercela.

2. Buka halaman Campaigns

Ini bukanlah pekerjaan yang sulit karena kalian hanya perlu menemukan menu Moz Pro kemudian mengkliknya. Selanjutnya setelah menu dropdown-nya terbuka kalian dapat memilih serta mengklik item Campaigns yang akan mengakibatkan laman Manage your campaigns terbuka. Di sini kalian bisa membuat kampanye SEO Moz baru dengan jalan mengklik button + New Campaign.

3. Membuat kampanye baru

Selain dengan jalan mengklik button + New Campaign kalian juga bisa membuat kampanye baru dengan jalan mengklik button Create a Campaign yang terletak di bagian bawah laman yang bersangkutan. Setelah laman pembuatan kampanye baru terbuka secara sukses, kalian harus mulai mengisikan detail informasi yang diminta ke dalam kolom yang tersedia.

Kolom tersebut meliputi kolom nama domain serta kolom nama brand dari website yang akan kalian monitor performanya. Diharapkan untuk mengisinya dengan data-data yang benar karena jika menggunakan data-data yang salah malah akan mendapatkan hasil yang berbeda dari yang seharusnya. Tentu saja ini akan merugikan kalian sendiri baik dari segi waktu maupun finansial.

4. Memasukkan data website

Aku yakin kalian sudah memasukkan data nama domain dan nama brand website kalian secara baik dan benar. Selanjutnya, jika kalian mengimplementasikan sistem pelacakan pengguna yang ditenagai oleh Google, yang dikenal sebagai Google Analytics, pada website kalian, maka kalian boleh menghubungkan kampanye SEO Moz kalian dengan akun Google Analytics yang kalian gunakan untuk website yang sama. Ingatlah untuk hanya menghubungkan property dan akun Google Analytics yang benar agar nantinya didapatkan hasil pengukuran trafik yang akurat. Setelah langkah ini sukses kalian lakukan, maka kalian boleh mengklik “Next” atau “Skip” saja jika kalian tidak menggunakan Google Analytics untuk menganalisa trafik website kalian.

5. Memilih mesin pencari

Langkah selanjutnya adalah memilih mesin pencari yang mana kalian akan memonitor ranking website kalian. Di formulir pilihan yang sudah disediakan terdapat kolom yang menampilkan beberapa nama mesin pencari yang dapat kalian pilih. Setelah menentukan pilihan mesin pencari yang akan kalian monitor, tentukan regionalnya pula. Misalnya, mesin pencari A dengan regional United States dan mesin pencari B dengan regional Indonesia.

6. Membuat label cluster keyword

Keyword cluster label diperlukan untuk menentukan keyword-keyword yang mana saja website kalian akan dimonitor rankingnya. Dengan keyword-keyword yang terorganisir menggunakan cluster label diharapkan kalian akan lebih mudah dalam melakukan monitoring kampanye SEO Moz kalian.

7. Memasukkan website kompetitor

Masukkanlah sampai 3 buah website competitor ke dalam kolom yang telah disediakan. Ini diperlukan agar kalian bisa mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh website kompetitor kalian pada keyword yang sama. Jika kalian belum tahu cara menemukan website kompetitor kalian, melakukan pencarian menggunakan keyword yang kalian targetkan pastinya akan sangat membantu kalian untuk menemukannya.

Setelah kalian sukses membuat kampanye SEO Moz kalian yang pertama, kalian bisa langsung memeriksa insights website kalian yang muncul secara otomatis setelah langkah-langkah yang sudah aku sebutkan diatas terlewati dengan sukses. Setelah membaca insights tersebut, aku berharap kalian akan bisa menilai kondisi dari website kalian menurut Moz dan melakukan improvisasi-improvisasi yang mungkin untuk dilakukan jika kalian anggap itu perlu.

Tool ini memang mempermudah kita dalam memonitor rangking mesin pencari website kita berdasarkan keyword yang telah kita susun menggunakan cluster label di saat kita membuat kampanye Moz. Namun demikian, bagi orang yang tidak sabaran untuk menunggu update ranking oleh Moz bisa merasa itu terlalu lama karena Moz hanya memeriksa ranking website kita pada keyword-keyword tertentu 1 minggu sekali. Dengan demikian, orang yang tidak sabaran tersebut perlu melakukan pemeriksaan sendiri secara manual menggunakan fitur Rank Tracker yang telah disediakan pula oleh Moz.

Fitur ini pun telah dibatasi penggunaannya oleh Moz sebanyak maksimal 1 kali pemeriksaaan secara manual 1 hari per keyword yang di monitor rankingnya.

Bagi yang memiliki keinginan untuk menggunakan Moz namun masih ragu-ragu untuk mengeluarkan uangnya, bisa mencobanya terlebih dahulu karena Moz menyediakan versi trialnya selama 1 bulan.

Jika kalian merasa fitur-fitur Moz memang membantu kalian dalam melakukan optimasi SEO website kalian, tentu saja kalian bisa meng-upgrade-nya sewaktu-waktu.

Untuk meng-upgrade akun trial Moz, kalian perlu menyediakan kartu kredit kalian dengan dana yang besarnya bisa kalian periksa sendiri di website Moz di menu pricing-nya.