Apakah PHP itu?

July 14, 2019
Halo gaes, jumpa lagi dengan aku di konten sederhana dalam konteks tutorial PHP. Kali ini, aku akan mencoba mengangkat topik tentang apakah PHP itu. Aku berharap kalian menyukai topik ini. Daripada membuang terlalu banyak waktu, mari kita segera membahasnya bersama-sama.


Secara umum, PHP adalah bahasa pemrograman sisi server yang berguna dalam pengembangan web. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan sebuah web bisa eksis tanpa menggunakan bahasa pemrograman PHP sama sekali.

Di situs resmi PHP Team, PHP.net, PHP Team mengatakan bahwa:
  1. PHP adalah bahasa scripting tujuan umum populer yang sangat cocok untuk pengembangan web.
  2. Cepat, fleksibel, dan pragmatis, PHP memberdayakan semuanya, mulai dari blog Anda hingga situs web paling populer di dunia.

Sedangkan situs populer Wikipedia mengungkapkan bahwa:
  1. PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. 
  2. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. 
  3. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang umum diajukan orang tentang PHP:

1. Singkatan apakah PHP itu?
Menurut PHP team, PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Sedangkan menurut kata gaul PHP adalah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu (he he he).

2. Apakah fungsi bahasa pemrograman PHP itu?
Bahasa pemrograman PHP berfungsi untuk membuat website dengan konten yang dinamis.

3. Mengapa menggunakan bahasa pemrograman PHP?
Web developer banyak yang menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk mengembangkan web dinamis milik mereka dengan alasan-alasan berikut ini:
  • Mudah Digunakan
    Bahasa pemrograman PHP terkenal sederhana dan sangat mudah untuk dipahami bahkan untuk level awam seperti aku ini. Menggunakan PHP, banyak web developer membangun aplikasi yang kompleks dengan kodingan PHP yang sederhana. Juga, keamanan aplikasi yang berbasis bahasa pemrograman PHP dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman lainnya.
  • Luwes
    Bahasa pemrograman PHP sengaja dirancang untuk kemudahan penggunaan sampai batas fleksibilitas yang maksimum, berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Hampir semua aplikasi berbasis web bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman ini.
  • Dinamis
    Bahasa pemrograman PHP dirancang untuk memiliki sifat dinamis, dimana dia bisa digunakan untuk membuat web hidup dimana di dalamnya terdapat berbagai macam fungsi yang tidak bisa ditemukan di dalam web yang dibangun dengan bahasa pemrograman yang lainnya, terlebih-lebih jika bahasa pemrograman yang digunakan merupakan bahasa pemrograman yang bersifat statis.
  • Murah
    Bahasa pemrograman PHP sengaja dikembangkan untuk digunakan secara gratis sehingga ini adalah sebuah solusi menyegarkan bagi seorang webmaster yang berkantong cekak seperti aku ini (ciyeh).
  • Sumber Terbuka
    Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan basis sumber terbuka, yang memiliki makna bahwa pengguna dapat menggunakannya tanpa batasan-batasan tertentu yang terlalu mengikat jika dibandungkan dengan bahasa pemrograman lainnya yang dirilis dengan basis sumber tertutup.
  • Kecepatan
    Pengembangan Bahasa pemrograman PHP dirancang di atas dasar kemudahan digunakan dan fleksibilitas sehingga itu bisa digunakan untuk mengembangkan atau membuat website dinamis dalam waktu yang singkat.
  • Cross Platform
    Bahasa pemrograman PHP dapat digunakan dalam berbagai platform yakni platform UNIX, LINUX, dan Windows. Ini sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga merupakan interface terbaik untuk Apache dan MySQL.
  • Terkemuka dalam CMS
    Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang terkemuka dalam industri CMS. Banyak sekali CMS (Content Management System) yang dibangun diatas PHP. Ini menandakan bahwa bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman terkemuka dalam CMS.
  • Gampang diembed
    Bahasa pemrograman PHP sangat mudah untuk diembed atau disisipkan diantara kode HTML sehingga ini mempermudah proses pembuatan website yang sedang dilakukan.

Bahasa pemrograman PHP banyak digunakan secara berpasangan dengan aplikasi pengelola basis data MySQL. Selain itu, bahasa pemrograman ini bisa digunakan secara kompak bersama dengan HTML. Jadi, sebuah website dinamis sederhana dapat dibuat dengan cepat menggunakan 3 hal yakni bahasa pemrograman PHP, HTML, serta aplikasi pegelola basis data MySQL.

Untuk mengedit bahasa pemrograman PHP kalian bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini:
  • Notepad++;
  • Sublime Text;
  • Adobe Dreamwiever;
  • Dan lain-lain.

Notepad++
Menurut pengembangnya, Notepad++ adalah sebagai berikut ini:
  • Notepad ++ adalah editor kode sumber gratis dan penggantian Notepad yang mendukung beberapa bahasa.
  • Berjalan di lingkungan MS Windows, penggunaannya diatur oleh Lisensi GPL.
  • Berdasarkan komponen pengeditan yang kuat, Scintilla, Notepad ++ ditulis dalam C++ dan menggunakan Win32 API dan STL murni yang memastikan kecepatan eksekusi yang lebih tinggi dan ukuran program yang lebih kecil.
  • Dengan mengoptimalkan sebanyak mungkin rutinitas tanpa kehilangan keramahan pengguna, Notepad ++ berusaha mengurangi emisi karbon dioksida dunia.
  • Saat menggunakan daya CPU yang lebih sedikit, PC dapat memperlambat dan mengurangi konsumsi daya, menghasilkan lingkungan yang lebih hijau.

Sublime Text
Menurut pengembangnya, Sublime Text adalah Editor teks canggih untuk kode, markup dan prosa.

Adobe Dreamwiever
Menurut Wikipedia, Adobe Dreamweaver yaitu program penyunting web keluaran Adobe Systems yang dahulu diketahui sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak diaplikasikan oleh pengembang web sebab fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan pengaplikasiannya.

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut diatas, kalian bisa mengedit bahasa pemrograman PHP menggunakan editor default yang disediakan oleh webhosting kalian masing-masing.

Ciri-ciri bahasa pemrograman PHP
Berikut ini adalah ciri-ciri bahasa pemrograman PHP, perlu diketahui agar kalian mengenalnya jika menemukannya:
  • Secara umum selalu diawali dengan tag <?php;
  • Secara umum selalu diakhiri dengan tag ?>;
  • Bisa dikoding secara:
    1. Orientasi Obyek (Object Oriented);
    2. Prosedural (Procedural);
  • Bisa disisipkan diantara kode-kode HTML;
  • File yang digunakan memiliki ekstensi .php.

Jika kalian masih sulit untuk mengenalinya, kalian tidak perlu terlalu khawatir karena begitu kalian menyewa webhosting yang mendukung penggunaan bahasa pemrograman PHP, kalian akan segera mengetahui seperti apakah bahasa pemrograman PHP itu.

Jika kalian ingin segera mengetahuinya namun belum bisa menyewa webhosting yang mendukung bahasa pemrograman PHP, kalian bisa menginstall aplikasi XAMPP di komputer kalian masing-masing sehingga bisa membuat sendiri file dengan ekstensi .php yang isinya adalah sebuah program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Jika kalian belum bisa membuatnya sendiri, kalian bisa berkunjung ke blog ini secara teratur untuk memeriksa apakah sudah ada postingan terbaru tentang tutorial PHP di sini atau belum.

Jika kalian ingin menginstall aplikasi XAMPP di komputer kalian masing-masing, kalian bisa mengunduh installernya secara gratis di https://www.apachefriends.org/download.html.

Setelah selesai diunduh, kalian bisa menjalankannya dengan cara mengkliknya dua kali.

Setelah sukses mengikuti langkah-langkahnya yang muncul secara otomatis, kalian bisa menggunakan XAMPP dengan baik. Untuk tutorial penggunaan atau pengoperasian XAMPP, mungkin di lain waktu akan aku buatkan.

Demikianlah postingan bertopik tentang apakah PHP itu, atas kesudiannya membaca aku ucapkan terima kasih.